Friday 4 July 2014

Pengaruh Pertambahan Penduduk Terhadap Kehidupan Sosial


   Indonesia, negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia ke 4 setelah China, India dan Amerika Serikat. Terkait dengan jumlah penduduk yang tinggi tentunya terdapat faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah tingkat atau laju pertumbuhan penduduk. Besarnya laju pertumbuhan penduduk membuat pertambahan jumlah penduduk semakin meningkat. Besarnya jumlah penduduk yang tinggi memang masih menjadi masalah serius bagi negara kita. Betapa tidak, dari hasil Sensus 2010, jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 237.641.326. Bahkan dari tahun ke tahun, jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah. 

  Semakin besar persentase kenaikannya maka semakin besar jumlah penduduknya. Kenaikan ini tentunya membawa dampak kurang baik bagi kependudukan Indonesia. Dalam penentuan kebijakan semakin banyak yang perlu dipertimbangkan baik dalam hal penyediaan berbagai sarana dan prasarana, fasilitas-fasilitas umum dan yang terpenting adalah kebijakan dalam rangka mengurangi laju pertumbuhan yang ada di Indonesia. 

 Apabila tingginya tingkat pertumbuhan penduduk terus dibiarkan maka akan terjadi berbagai masalah baik masalah pengangguran, tingkat kualitas sumber daya manusia yang menurun, kejahatan, lapangan pekerjaan yang memberikan dampak negatif bagi kelangsungan umat manusia Indonesia khususnya. Oleh karena itu, usaha untuk menekan laju pertumbuhan sangatlah penting. Program-program yang ditawarkan pemerintah harus didukung oleh masyarakat seperti halnya KB, penggunaan alat kontrasepsi, penundaan usia perkawinan sehingga penurunan laju pertumbuhan penduduk diharapkan menurun.



  

0 komentar:

Post a Comment